gunung bromo TNBTS

Gunung Bromo. Siapa yang tak kenal dengan wisata gunung dengan sejuta pesonanya ini. Keindahan sunrise (matahari terbit), hawa sejuk, dan panorama pegunungan Tengger yang akan membuat siapa saja rindu untuk menjejakkan kaki di tempat ini berkali-kali.

Gunung Bromo yang dalam Bahasa Sanskerta berarti Brahma, adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini berada dalam 4 wilayah, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo juga termasuk dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

Sebagai obyek wisata di Jawa Timur, Gunung Bromo tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik tapi juga didatangi oleh wisatawan dari mancanegara. Banyak turis-turis asal Eropa, Amerika, Asia, Australia dan Afrika yang tertarik berwisata di kawasan pegunungan Tengger ini.

Terdapat spot-spot menarik yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Gunung Bromo. Diantaranya adalah :

  1. Penanjakan 1

Wisata Bromo

View Gn. Bromo dari Penanjakan 1

Salah satu daya tarik utama wisata Gunung Bromo adalah sunrise. Melihat matahari terbit dari ufuk timur adalah hal yang ditunggu-tunggu wisatawan. Kita bisa melihat matahari terbit dari Penanjakan 1. Tempat ini adalah posisi yang paling tinggi dan terbaik diantara spot lainnya untuk melihat sunrise.

Untuk menuju ke Penanjakan 1, bisa menggunakan kendaraan jeep dan sepeda motor. Perjalanan menuju tempat ini akan didapati pemandangan menakjubkan dari puncak gunung dengan bukit dan lembah sekelilingnya yang berkabut. Begitu menawan dan memanjakan mata.

  1. Penanjakan 2

Bukit Penanjakan 2 bisa menjadi alternatif lain untuk melihat matahari terbit. Spot ini lebih mudah dituju jika Anda berangkat dari Probolinggo via Cemoro Lawang. Meski posisi Penanjakan 2 lebih rendah dari Penanjakan 1, proses sunrise dari sini juga masih bagus untuk dilihat. Dan aksesnya juga lebih mudah karena bisa ditempuh tanpa menggunakan jeep.

  1. Kawah Bromo

Kawah Bromo

Kawah Bromo, pict : damai

Melihat aktifitas kawah gunung berapi di sini tempatnya. Untuk menuju ke sini wisatawan bisa berjalan sekitar 2 km dari parkiran jeep di lautan pasir. Bila tidak ingin capek berjalan, tersedia persewaan kuda yang akan mengantar Anda naik-turun kawah Bromo. Anda juga akan menaiki tangga menuju kawah sejumlah 250 anak tangga. Tentunya siapkan fisik yang sehat dan kuat agar naik-turun tangga kawah Bromo bisa lancar.

  1. Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten Bromo

Pura Luhur Poten Bromo, pict : wikipedia

Berlokasi di bawah kaki Kawah Bromo, Pura Luhur Poten menjadi tempat ibadah bagi Suku Tengger. Pura tersebut juga dipakai untuk pelaksanaan Upacara Yadnya Kasada yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

Menurut kepercayaan masyarakat Tengger, Pura tersebut merupakan kediaman dari Sang Hyang Widhi Wasa yang merupakan perwujudan dari Dewa Brahma. Dewa Brahma adalah satu dari 3 dewa besar dalam agama Hindu selain Wisnu dan Syiwa.

Karena Pura tersebut merupakan tempat ibadah, wisatawan hanya diperbolehkan melihat bagian luar Pura saja. Namun jika Anda penggemar fotografi, silahkan foto Pura tersebut dari atas kawah Bromo. Dengan background gunung dan hamparan pasir yang luas, Pura Luhur Poten tampak seperti istana yang indah.

  1. Pasir Berbisik

pasir berbisik bromo

Pasir Berbisik Bromo, pict : hendy tour

Mendengar namanya pasti Anda akan teringat suatu film besutan Sutradara kondang, Garin Nugroho. Film yang judulnya sama persis dengan tempat ini serta pembuatan filmnya pun juga dilakukan di Pasir Berbisik Bromo.

Pasri Berbisik sebenarnya bagian dari Lautan Pasir yang berada di bagian timur kawah Bromo. Di sini wisatawan bisa melakukan seru-seruan seperti berkuda, mengendarai motor, atau berfoto bersama teman-teman traveling Anda. Rasakan juga hembusan angin yang menggerakkan butiran-butiran pasir seakan-akan menjadi sebuah lagu nyanyian alam yang begitu indah.

  1. Bukit Teletubbis

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies, pict : damai

Tentunya wisatawan tidak akan menjumpai Teletubbies yang lucu itu di bukit ini. Karena mirip dengan hamparan bukit yang ada di serial anak-anak itu, maka orang-orang menyebutnya bukit Teletubbies.

Bukit ini menawarkan panorama yang sangat indah. Nampak cantik dengan dengan hamparan rumput hijau dan padang ilalang di kaki bukitnya. Berada di sini seakan-akan berada di surga yang tersembunyi.

 

Tak akan ada habisnya untuk mengulas keindahan Bromo dan sekitarnya. Keindahannya, budaya Tengger, religiusnya suku Tengger dan lainnya selalu menarik wisatawan untuk datang ke tempat ini. Jika Anda tertarik mengunjungi wisata Gunung Bromo Tengger Semeru, kami siap membantu dengan menyewakan transportasi untuk menuju tempat ini. Tersedia sewa Elf, sewa Hiace, sewa mobil, sewa Medium Bus yang bisa Anda manfaatkan untuk beriwisata di Gunung Bromo.

Silahkan hubungi Customer Service kami untuk info dan harga sewa, dengan senang hati kami melayani serta menemani perjalanan Anda.

Selamat berwisata 🙂

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply